Apakah Anda Seorang Ibu Yang Menyusui? Inilah 6 Fakta Untuk Anda!

Proses melahirkan anak benar-benar merupakan perasaan yang luar biasa. Meski, ada banyak tahapan dalam proses kehamilan dan persalinan dimana seorang wanita harus menjalani banyak perubahan fisik. Selama kehamilan, anak tersebut memperoleh nutrisi penting dari ibu dan setelah melahirkan melalui ASInya. Salah satu nutrisi terpenting yang digunakan selama fase ini adalah kalsium. Karena itu, pentingnya asupan kalsium setelah melahirkan tidak bisa diabaikan oleh ibu.

Di bawah ini kita telah membahas fakta mengapa kalsium merupakan nutrisi penting selama menyusui.

6 Fakta Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui!

1. Peningkatan Kebutuhan Kalsium
Kebanyakan wanita hamil dan menyusui di India memiliki asupan kalsium diet rendah. Data dari 10 negara bagian di India menunjukkan bahwa asupan kalsium untuk wanita selama kehamilan dan menyusui hanya 400 mg sedangkan mereka membutuhkan 1200 mg kalsium per hari.

2. Kebutuhan Kalsium pada Bayi
Bayi membutuhkan 200-300 mg kalsium setiap hari dari ASI selama enam bulan pertama. Kalsium ini penting untuk membantu bayi mengembangkan tulang dan gigi yang kuat. Gigi dan tulang terdiri dari 99% kalsium tubuh.

3. Kehilangan Kalsium Pasca melahirkan lebih tinggi
Kehilangan kalsium empat kali lebih tinggi selama sembilan bulan menyusui daripada selama kehamilan. Hilangnya kepadatan mineral tulang ini bisa dicegah dengan asupan kalsium.

4. Kalsium Hilang pada Dasar Harian
Sebagai ASI eksklusif adalah suatu keharusan bagi bayi, banyak kalsium hilang dari tubuh ibu setiap hari. Seorang wanita menyusui bisa kehilangan 200-300 mg per hari selama menyusui.

5. Asupan Kalsium yang memadai adalah suatu keharusan
Asupan kalsium yang cukup dengan ibu menyusui sangat penting untuk kalsium susu kaya kalsium dan untuk pencegahan osteoporosis yang merupakan kondisi medis yang disebabkan karena kekurangan kalsium.

6. Hilangnya Bone Massa
Tubuh seorang ibu harus bekerja lembur untuk memenuhi persyaratan menyusui. Seiring penelitian menunjukkan bahwa wanita sering kehilangan 3 sampai 5% massa tulang mereka selama enam bulan menyusui untuk memenuhi kebutuhan kalsium bayi yang meningkat, makanan seorang ibu penting untuk makanan bayi.

Popular posts from this blog

kandungan gizi pecel lele dan manfaatnya

jenis pasta gigi dan fungsinya

Kapan waktu yang tepat untuk sarapan?